__________________________________________________________________________________

| Nawawi | Aqeedah | Fiqh | Anti Syirik | Galeri Buku | Galeri MP3 | U-VideOo |
__________________________________________________________________________________

Monday, November 9, 2009

110 - Prinsip Imam asy-Syafi'e Dalam Menetapkan Sifat Bagi Allah

Prinsip Imam asy-Syafi'e Dalam Menetapkan Sifat Bagi Allah

http://aqidah-wa-manhaj.blogspot.com

Dalam kitabnya, al-Risalah, imam asy-Syafi'e rahimahullah menyebutkan:

والحمد لله .. الذي هو كما وصف به نفسه وفوق ما يصفه به خلقه

Terjemahan: Walhamdulillah (segala puji bagi Allah)... yang Dia adalah sebagaimana yang Dia sifatkan untuk diri-Nya dan melampaui sifat-sifat yang diberikan makhluk ciptaan-Nya untuk-Nya. (Rujuk: Imam asy-Syafi'e, al-Risalah, 7-8)

Imam asy-Syafi'e menetapkan sifat bagi Allah sebagaimana yang telah ditetapkan oleh al-Qur'an dan as-Sunnah:

أَخْبَرْنَا ابْنُ مُؤْمِنٍ، أَخْبَرَنَا الحُسَيْنُ بنُ أَبِي بَكْرٍ، أَخْبَرَنَا جَعْفَرُ بنُ زَيْدٍ، أَخْبَرَنَا أَحْمَدُ بنُ عُبَيْدِ اللهِ العُكْبَرِيُّ، أَخْبَرَنَا أَبُو طَالِبٍ الحَرْبِيُّ، أَخْبَرْنَا ابْنُ مَرْدَكَ، أَخْبَرَنَا عَبْدُ الرَّحْمَنِ بنُ أَبِي حَاتِمٍ، حَدَّثَنَا يُوْنُسُ، سَمِعْتُ الشَّافِعِيَّ يَقُوْلُ:

نُثْبِتُ هَذِهِ الصِّفَاتِ الَّتِي جَاءَ بِهَا القُرْآنُ، وَوَرَدَتْ بِهَا السُّنَّةُ، وَننفِي التَّشبيهَ عَنْهُ كَمَا نَفَى عَنْ نَفْسِهِ، فَقَالَ: لَيْسَ كَمِثْلِهِ شَيْءٌ

Terjemahan: Telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu Mukmin, telah mengkhabarkan kepada kami al-Husin B. Abi Bakr, telah mengkhabarkan kepada kami Ja'far B. Zaid, telah mengkhabarkan kepada kami Ahmad B. 'Ubaidullah al-'Akbari, telah mengkhabarkan kepada kami Abu Tholib al-Harbi, telah mengkhabarkan kepada kami Ibnu Mardak, telah mengkhabarkan kepada kami 'Abdurrahman B. Abi Hatim, telah menjelaskan kepada kami Yunus, bahawasanya aku mendengar asy-Syafi'e beliau berkata:

Kita menetapkan sifat-sifat (bagi Allah) sebagaimana yang disebutkan oleh al-Qur'an dan as-Sunnah ini dan kita nafikan tasybih (penyerupaan dengan sifat makhluk) dari-Nya sebagaimana Dia telah menafikan dari diri-Nya. Sebagaimana Dia berfirman: Tiada sesuatu pun yang serupa dengannya. (Rujuk: Imam adz-Dzahabi, Siyar 'Alam an-Nubala', 20/341)

No comments: